laurensius-dede-suhardiman-arduino-untuk-internet-of-things-iot

Penggunaan Arduino untuk Internet of Things (IoT)

Pengguaan Arduino untuk Internet of Things (IoT) Hai! Akhir-akhir ini nampaknya kita sering mendengar istilah IoT atau Internet of Things. Dalam sebuah tulisan yang dimuat di TEKNOJURNAL, IoT bisa dibilang adalah sebuah konsep di mana benda-benda di sekitar kita dapat berkomunikasi antara satu sama lain melalui sebuah jaringan internet.

Saat ini di Indonesia, sudah cukup banyak masyarakat yang menerapkan IoT dalam beberap aspek kehidupannya. Sebagai contoh, penerapan sistem smart home automation yang berfungsi untuk monitoring dan kendali lampu jarak jauh, monitoring sistem penyiraman tanaman jarak jauh pada perangkat Android via internet, dan lain sebagainya.

Lalu, apakah perangkat seperti Arduino dapat diterapkan untuk proyek IoT? Beberapa produk Arduino dapat diterapkan untuk proyek-proyek IoT. Arduino dapat terkoneksi dengan internet melalui perangkat tambahan seperti Ethernet shield dan Wifi shield. Namun, untuk beberapa prodak terbaru, Arduino ada yang sudah dapat dihubungak ke jaringan internet tanpa menggunakan shield / perangkat tambahan.

Pada gambar di bawah ini merupakan Arduino yang terpasang ethernet shield, sehigga arduino tersebut dapat terhubug ke internet via koneksi kabel (LAN).


Arduino Internet of Things

2 Replies to “Penggunaan Arduino untuk Internet of Things (IoT)”

    • Laurensius Dede Suhardiman

      Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya, salam kenal ya Pak Dany Mochtar. Betul sekali Pak, saat ini Arduino cukup banyak digunakan oleh developer / makers untuk project IoT mereka. Apakah Pak Dany ini seorang IoT Developer juga?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *