Koneksi Arduino dan Database

Koneksi Arduino dan Database

Koneksi Arduino dan Database – Pada postingan kali ini, saya akan sedikit bercerita mengenai pengalaman saya dalam hal menggunakan Arduino dan database. Saya saendiri sudah menggunakan Arduino sejak tahun 2009, tepatnya pada saat saya masih kuliah di Prodi Teknik InformatikaUniversitas Widyatama Bandung. Pada saat itu Saya mulai menggunakan Arduino untuk kepentingan pengembangan proyek robotika dan riset pribadi.


Sudah kita ketahui bersama, papan Arduino dapat dihubungkan dengan berbagai macam sensor melalui pin-pin yang tersedia pada Arduino tersebut. Sensor yang dapat dihubungkan dengan Arduino antara lain : sensor suhu, sensor kelembapan, sensor gas, sensor intensitas cahaya, sensor ultrasonic (untuk pengukuran jarak) dan lain sebagainya.
Hasil pembacaan dari sensor-sensor tersebut biasanya dapat ditampilkan pada layar komputer melalui serial terminal yang sudah disediakan pada Arduino IDE. Nilai hasil baca sensor yang ditampilkan pada serial terminal tersebut akan ditampilkan hanya sementara (pada saat itu saja), nilai-nilai tersebut tidak akan tersimpan di komputer. Lalu, apakah data yang dikirim dari Arduino untuk ditampilkan di serial terminal dapat juga disimpan ke dalam database pada komputer tersebut? Jawabannya : Bisa!

Dari pengalaman saya, koneksi Arduino dan database cukup mudah dibuat. Berikut ini saya akan berikan sebuah contoh kasus dimana akan dilakukan koneksi Arduino dan database untuk menyimpan data hasil baca sensor ultrasonic.


const int pingPin = 7; void setup() { Serial.begin(9600); } void loop(){ long duration, inches, cm; pinMode(pingPin, OUTPUT); digitalWrite(pingPin, LOW); delayMicroseconds(2); digitalWrite(pingPin, HIGH); delayMicroseconds(5); digitalWrite(pingPin, LOW); pinMode(pingPin, INPUT); duration = pulseIn(pingPin, HIGH); inches = microsecondsToInches(duration); cm = microsecondsToCentimeters(duration); Serial.print(cm); Serial.println(); delay(1000); } long microsecondsToInches(long microseconds) { return microseconds / 74 / 2; } long microsecondsToCentimeters(long microseconds) { return microseconds / 29 / 2; }

Dari sourcecode di atas dapat kita lihat bahwa tidak ada coding yang aneh, Arduino membaca nilai sensor kemudian dikirim ke serial dengan perintah Serial.print(cm). Nilai tersebut akan diterima di komputer untuk selanjutnya dimasukan ke dalam database. Untuk mengecek apakah data dari serial tersebut dapat diterima oleh komputer, kita bisa melihatnya pada serial monitor yang terdapat pada Arduino SDK. Lalu, bagaimana proses masuk ke dalam databasenya?

Data yang masuk via serial agar bisa masuk ke dalam database saya lakukan dengan cara membuat program menggunakan Visual Basic .NET (VB .NET). Oya, FYI, untuk database engine yang saya gunakan disini adalah MYSQL. Sebenarnya di internet banyak sekali artikel terkait Arduino dan Database kebanyakan arduino terebut terhubung ke web server dan database via Wifi atau Ethernet, maka dari itu saya di sini ingin menyajikan dengan cara berbeda yakni Sensor -> Arduino -> Serial Ke komputer -> Diterima oleh aplikasi yang dibuat pakai .NET -> simpan ke database. Oke, pada screenshot dibawah ini adalah user interface aplikasi dengan VB.NT untuk simpan data dari Arduino ke dalam Database.

  • Tampilan Aplikasi VB .NET Arduino dan Database pada saat pertama kali dijalankan
    Koneksi Arduino dan Database

  • Tampilan Aplikasi VB .NET Arduino dan Database pada saat mulai menerima data dan menyimpan ke dalam database
    Koneksi Arduino dan Database

Bagaimana, asik bukan bermain-main dengan Arduino? Ternyata Arduino dapat diintegrasikan dengan berbagai macam perangkat keras dan perangkat lunak. Bagi rekan-rekan yang mebutuhkan full source code untuk Koneksi Arduino dan Database dapat menguhubungi saya pada informasi kontak yang tertera pada web ini. Terima kasih.

37 Comments

  1. MANTAP MAS..

  2. Mas, saya mau tanya. apakah untuk koneksi antara arduino dengan database memerlukan ethernet shield juga? karena saya masih bingung untuk koneksikan program arduino saya dengan database.

    kalau boleh, bisakah mas share juga coding aplikasi yang dibuat?

    • Selamat Pagi,
      Untuk koneksi ke database sebetulnya tidak harus menggunakan ethernet shield. dengan komunikasi serial via kabel USB FTDI (Kabel Arduino biasa) pun bisa untuk mengirimkan data ke database, dengan syarat mesti dibuatkan sebuah aplikasi pembantu sebagai penengah/penghubung “middleware”. aplikasi ini selanjutnya akan menerima data serial yang dikirim via COM Port. Saya pernah membuat program seperti itu. untuk kontak secara langsung WA ke 085720015270. Terima kasih.

      • selamat sore,
        mas apakah databasenya seperti pada acces atau sql? saya masih belum paham mengenai aplikasi pembantunya, boleh di jelaskan lebih lanjut?
        Terimakasih

  3. Gan ada alamat email ga? saya mau konsul nih

  4. selamat sore mas laurensius,
    boleh saya minta source code nya, untuk koneksi data ke access database

    terima kasih

  5. Halo mas dede
    Bolehkah saya minta full source code untuk aplikasi pada VB.NET nya? terimakasih

  6. Halo mas dede,
    apakah saya boleh minta full source code untuk aplikasi pada VB.NET nyaa?

  7. selamat malam gan, mau tanya kalo database gak pake VB bisa gak? maksdnya kalo pake phpmyadmin bisa kan?? nah kalo bisa itu cara agar data dari arduinonya bisa kesimpan didatabasenya gimana ya?? mohon pencerahannya. terima kasih.

    • Hello gan, selamat malam.
      Pake mysql, oracle, access pun bisa gan. Info lbih lanjut hubungi saya via whatsapp aja ya 085720015270.

  8. mas kalo ke web server bagaimana yah gabungin databasenya?

  9. gan…mau tanya dong
    kalau buat data base pake arduino tapi pake internet masukannya tidak pake internet gimana ya mas….bisa buat tutorial y mas…pliissss

  10. gan boleh minta source code nya ?

  11. Malam kawan l…
    Boleh liat design VB net sama source code nya??

  12. gan mau tanya, saya menggunakan jaringan ftth gan, jadi mau gak mau harus koneksi ke eth shiled gan.. gimana ya gan?? mohon pencerahannya. terimakasih

  13. selamat siang mas laurensius
    saya mau bertanya
    bagaimana cara memanggil database dari camera arduino vc0706 ke web mas ?
    soalnya saya masih bingung mas
    mohon pencerahannya mas

  14. Siang mas, saya ingin bertanya lebih lanjut ttg materi ini. Boleh saya minta kontak nya? Trimakasih sebelumnya mas.

  15. gan , boleh bagi codenya

  16. mas, mau nanya kalau misalkan mau menyimpan data print arduino ke database lewat vb gimana yah?
    misalkan saya menampilkan data arduino di vb:
    Data logger :
    data 1 = 13
    data 2 = 10
    data 3 = 15
    dan data tersebut terus dibaca dan tampil didalam textbox

    kalau cara menyimpan data tersebut ke database bagaimana caranya yah mas?mohon bantuannya
    terimakasih

  17. mas, mau nanya kalau misalkan mau menyimpan data print arduino ke database lewat vb gimana yah?
    misalkan saya menampilkan data arduino di vb:
    Data logger :
    data 1 = 13
    data 2 = 10
    data 3 = 15
    dan data tersebut terus dibaca dan tampil didalam textbox

    kalau cara menyimpan data tersebut ke database bagaimana caranya yah mas?mohon bantuannya
    terimakasih

  18. Mas mau nanya, saya sedang ada project pengerjaan jembatan timbang pabrik kelapa sawit, nah yang ingin saya tanyakan saya mau bikin display nomor antrian truck yang datanya diambil dari Database dan ditampilkan di papan board led, apakah dengan bantuan Arduino itu dapat dilakukan? kalu dapat, saya mohon bantuan pencerahaannya.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  19. mas mau tanya kalau dari arduino lasung ke php untuk control led bisa ga?serius mas?

Submit a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *