2017-01-16 (2)

Menjadikan HP Android sebagai Local Web Server

Menjadikan HP Android sebagai Local Web Server – Hello, saya kembali lagi dengan mau barbagi sedikit pengalaman dalam menggunakan Android sebagai Local Web Server. Hari ini, Senin, tanggal 16 Januari 2016 cuaca di sekitar rumah kurang bersahabat. Langit mendung dan tiupan angin dirasa kurang enak manakala hembusannya mengenai badan ini. Maka dari itu, saya putuskan siang ini untuk berada di dalam ruangan saja. Seperti biasa, duduk depan laptop kesayangan ditemani secangkir teh manis, saya coba mengusir rasa suntuk yang mulai melanda. Dan jemari ini mulai mengarahkan tangan ke komponen elektronika yang memang saat itu sedang berserakan di atas meja. Di salah satu bagian meja, HP Lenovo A 6000 plus saya tergeletak. Saya coba ambil, dan tak sengaja dalam benak lantas terpikir : “Apa bisa ya HP ku ini dijadikan sebuah web server? Adakah aplikasi yang bisa menjadikan HP ini sebagai web server?”.

Berawal dari pertanyaan dalam hati itu lah, saya coba buka browser dan mulai mencari tau jawaban atas pertanyaan yang tadi sempat terbesit dalam pikiran. Dengan kata kunci “Menjadikan HP Android sebagai Local Web Server” saya mencoba membuka searching engine. Tidak terlalu lama memang untuk menemukan jawabannya. Dari beberapa halaman web yang saya baca ternyata dapat disimpulkan bahwa HP android yang saya miliki dapat dijadaikan web server, walau sebatas untuk local web server.

HP Android dapat dijadikan sebuah web sever lokal dengan aplikasi yang bernama PAW Server for Android. Diiringi rasa penasaran lantas saya mulai coba-coba membaca mengenai petunjuk penggunaan dari aplikasi tersebut, dan akhirnya saya mulai tertarik untuk mencobanya. Berikut ini merupakan langkah-langkah yang saya lakukan untuk menjadikan HP Android sebagai Local Web Server dengan aplikasi PAW Server for Android :

  1. Download Aplikasi PAW Server for Android di sini, pastikan bahwa HP Android anda support untuk diinstal aplikasi ini.

  2. Setelah aplikasi terinstal pada HP Anda, cobalah untuk menyalakan wifi tethering agar laptop / perangkat lain dapat mengakses HP anda. Di sini saya menggunakan laptop saya untuk terhubung ke HP Android.

  3. Buka aplikasi PAW Server for Android di HP Anda, klik tombol Start. Pada aplikasi akan muncul alamat IP dan Port, misalnya saja 192.168.0.100:8080

  4. Buka web browser di laptop/komputer anda, masukan IP address pada address bar dan tekan enter.
    maka akan terbuka tampilan seperti di bawah ini :
    Android sebagai Local Web Server

  5. Silahkan anda login menggunakan username dan password default yang diberikan oleh aplikasi.
  6. Jika anda berhasil login, maka pada web browser akan tampil seperti di bawah ini :

Dengan berhasil terbukanya halaman login dan anda berhasil login, berarti aplikasi sudah berhasil terpasang dengan benar. Lalu, bagaimana cara untuk membuat halaman webnya? Untuk membuat halaman webnya Anda bisa mencobanya dengan cara sebagai berikut :

  1. Buka notepad atau text editor lainnya yang biasa anda gunakan
  2. Buat halaman HTML(isi bebas).
  3. Simpan dengan nama index.html, untuk tempat penyimpanan arahkan ke /sdcard/paw/html
  4. Setelah tersimpan, matikan dan nyalakan kembali aplikasi PAW Server for Android dengan cara klok stop dan start kembali.
  5. Buka web browser dan alamatkan ke http://alamat ip:port/nama file html anda misal http://192.168.0.100:8080/index.html

Baiklah, dengan demikian percobaan untuk menjawab pertanyaan saya sudah terjawab.

Android sebagai Local Web Server

. Aplikasi sudah berjalan dan saatnya lanjutnkan “ngulik”. Terima kasih sudah membaca postingan saya 🙂 Salam….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *