Mengatasi ADB Android Device Unauthorized

ADB Android Device Unauthorized – Iseng-iseng saya coba cek koneksi internet, ternyata koneksi cukup stabil. Saya putuskan untuk coba update SDK / IDE yang biasa digunakan untuk melakukan development. Dan rasanya sudah lama saya tidak update Eclipse IDE yang biasa saya gunakan untuk coding Android. Lantas saya langsung menuju halaman official dari Eclipse untuk download versi terbarunya. Dan tidak perlu waktu terlalu lama, hanya dalam hitungan menit proses download Eclipse terbaru pun sudah selesai. Ini artinya saya harus bersiap-siap unruk mengganti Eclipse lama dengan Eclipse yang baru saya download.

Pada saat proses pergantian dari Eclipse lama ke Eclipse versi terbaru berjalan dengan lancar. Tidak ada masalah sedikitpun yang mengganggu proses tersebut. Proses update berhasil, dan saya bersiap untuk setting Android SDK untuk diterapkan pada Eclipse. Pemasangan Android SDK ini pun semuanya berjalan dengan lancar. Update IDE selesai, begitu juga dengan setting Android SDK nya selesai dan tidak sabar rasanya untuk menjajal Eclipse terbaru dengan dengan code name nya adalah “Neon”.

Saya buka Eclipse dan coba membuka project yang sudah saya kerjakan untuk mengecek apakah Eclipse berjalan dengan lancar atau tidak sekalian saya ingin coba / running project tersebut pada perangkat Android. Project dapat dibuka dengan sempurna, namun pada saat saya akan coba run apliaksi pada perangkat, pada saat memilih device target HP Android saya tidak terbaca / tidak muncul pada list online device target. Yang muncul hanyalah androdi emulator saja.
Mengatasi ADB Android Device Unauthorized

Dalam benak sempat terpikir, jangan-jangan kabel USB yang biasa saya gunakan untuk koneksi dari HP ke Laptop saya rusak. Karena penasaran, saya coba cek perangkat dengan cara mengecek device list menggunakan ADB. Saya coba jalankan perintah : “adb devices”, namun hasilnya tidak ada perangkat dengan status attached. Lantas saya coba untuk melakukan restart ADB dengan perintah “adb kill-server” dan diikuti dengan perintah “adb start-server”. Saya pun mencoba untuk menjalankan kembali perintah “adb devices”. Namun apa yang terjadi? Yang terjadi adalah status perangkat tertera “unauthorized”.
Mengatasi ADB Android Device Unauthorized

Kali ini, munculnya status “unauthorized” pada ADB tidak membuat saya bingung. Karena permasalahan seperti ini sebenarnya sudah sempat beberapa kali saya alami. Untuk mengatasi ADB Android Device Unauthorized dapat dilakukan dengan cara berikut ini :

  1. Buka HP Android Anda
  2. Masuk ke menu Setting->Developer Option->Revoke USB Debugging Authorizations
  3. Selanjutnya akan muncul sebuah pop up, dan Anda harus mengkonfirmasinya.
  4. Masuk kembali ke ADB di komputer Anda, jalankan kembali perintah “adb kill-server” dan diikuti dengan perintah “adb start-server”.
  5. Sambungkan kembali HP Android Anda, jalankan perintah “adb devices”. Dan HP Anda pasti sekarang sudah terbaca oleh ADB.
    Mengatasi ADB Android Device Unauthorized

Dengan demikian cara untuk mengatasi ADB Android Device Unauthorized cukup mudah bukan? Anda cukup mengikuti langkah-langkah yang sudah saya tuliskan di atas. Oya, setelah devise terbaca oleh ADB, pada saat anda akan running project maka perangkat anda akan muncul pada list online device dan siap untuk proses debuging. (lihat gambar di bawah). Selamat mencoba..

Mengatasi ADB Android Device Unauthorized

Mengatasi ADB Android Device Unauthorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *