Masalah Grub2 pada Dual Boot

Mengatasi Masalah Grub2 pada Dual Boot Windows dan Linux

Mengatasi Masalah Grub2 pada Dual Boot Windows dan Linux – Sistem operasi atau operating sistem yang lazim digunakan adalah Microsoft Windows. Namun, tahukah Anda bahwa operating system tidak sebatas hanya Microsoft Windows saja. Masih banyak lagi OS lainnya yang dapat digunakan pada perangkat komputer kita. Linux adalah salah satu OS lain selain Microsoft Windows yang cukup disukai dan digunakan oleh masyarakat. Linux tersedia dalam berbagai jenis distro. Adapun distro-distro tersebut antara lain : Ubuntu, OpenSuse, ArchLinux, Fedora dan lain sebangainya. Perlu Anda ketahui, OS Linux ini adalah opensource. Dikalangan IT, penggunaan Linux biasanya erat keterkaitannya dengan infrastruktur server.

Oya, dalam artikel kali ini saya mau berbagi sedikit tips and trick yang berkaitan tentang penggunaan OS Windows dan Linux dalam satu perangkat komputer. Penggunaan dua OS pada satu sistem komputer dikenal dengan istilah dual boot. Saya sendiri pertama kali mencoba untuk menggunakan dual boot ketika masih kuliah. Saat itu saya menggunakan Microsoft Windows 7 dan Linux Ubuntu. Tidak terlalu sulit untuk menjadikan sebuah komputer menjadi dual boot OS. Yang paling utama adalah kita harus memahami mengenai partisi harddisk. Untuk menjadikan dual boot kita harus membagi hardisk kedalam beberapa bagian. Itu semua tidak sulit kok, hanya diperlukan pemahaman dan ketelitian saja 🙂


Masalah Grub2 pada Dual Boot

Jika komputer kita sudah terinstall dua buah OS, pada saat komputer dinyalakan akan muncul pilihan OS mana yang akan kita jalankan. Untuk dual boot tidak harus menggunakan 2 buah OS yang berbeda, Anda juga bisa menggunakan OS sejenis. Misalnya Anda dual boot Windows 10 dan Windows 7, atau anda dual boot Linux Mint dan Linux Ubuntu. Dari sekian lama menggunakan dual boot pada komputer yang saya miliki, beberapa kali juga saya mendapatkan pengalaman unik dan menarik yang menjadikan bertambahnya wawasan saya mengenai dpenerapan dual boot.

Masalah Grub2 pada Dual Boot merupakan salah satu permasalahan yang pernah saya alami atau bahkan Anda alami juga manakala menerapkan dual boot. Saya mengalami hal ini beberapa waktu yang lalu, saati itu saya sedang menginstal ulang OS Linux di laptop saya, dan hendak dijadikan dual buut dengan Windows 10. Saat itu pada laptop sudah terpasang windows 10. Namun setelah instalasi Linux selesai ketika proses booting tidak muncul opsi pilihan OS yang akan digunakan. Pada saat itu boot langsung masuk ke OS Linux Ubuntu. Jika Anda mengalami hal serupa, jangan panik! sekali lagi jangan panik! Berikut langkah -langkah mengatasai Masalah Grub2 pada Dual Boot :

  1. Silahkan Anda masuk ke OS Linux, selanjutnya setelah Anda masuk, silahkan Anda buka Terminal.
  2. Pada terminal, jalankan perintah :
  3. Selanjutnya untuk menambahkan menu entry pada boot menu tambahkanlah script dibawah ini :

  4. Simpan perubahan
  5. Update grub2 dengan perintah :

  6. Reboot komputer

Nah, mudah bukan untuk mengatasi Masalah Grub2 pada Dual Boot? Anda tinggal ikuti petunjuk di atas, dan permasalahan pun bisa diatasi. Oya, kalau masih ada yang bingung tentang solusi di atas, jangan sungkan untuk bertanya langsung kepada saya via kolom komentar tau kirim email langsung ke saya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *