Arduino Kirim data ke MySQL via Ethernet

Arduino Kirim data ke MySQL dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Salah satunya adalah dengan menggunakan ethernet shield. Pada artikel kali ini saya akan sedikit memberikan informasi tentang Arduino Kirim data ke MySQL. Agar Arduino bisa kirim data ke MySQL diperlukan hal-hal berikut ini :

  • Arduino
  • Ethernet Shield
  • Kabel LAN
  • Kabel FTDI
  • Sensor, saya menggunakan DHT11 (Sensor Suhu dan Kelembaban)
  • Kabel (Wiring)
Langkah-langkah :

Pertama, pasang ethernet shield pada Arduino dan pastikan ethernet shieldnya terpasang dengan benar. Kedua, hubungkan pin data sensor DHT11 ke ke salah satu pin digital Arduino, pin VCC sensor ke Vout Arduino dan GND sensor ke GND Arduino. Awas! Jangan sampai terbalik pemasangannya. FYI, untuk pemasangan pin data sensor jangan dipasangkan ke pin 10,11,12 pada Arduino. Karena pin ini digunakan oleh ethernet shield.

Jika semuanya sudah terpasang dengan baik dan benar, kini saat nya kita coding. Buka Arduino SDK di komputernya, jika belum punya, bisa download di situs resmi Arduino nya.

Arduino Kirim Data Ke MySQL

Source Code Arduino Kirim data ke MySQL

Source Code Arduino Kirim data ke MySQL (untuk Web Server) :

Pada artikel ini, Arduino kirim data ke MySQL melalui jaringan LAN. Agar data yang dikirim dari Arduino dapat masuk ke database MySQL, di sini saya juga membuat sebuah program menggunakan bahasa pemrograman PHP. Fungsi utama dari program ini adalah menerima data yang dikirimkan dari Arduino via Ethernet (LAN) dan menjalankan query-query (perintah dasar SQL / database) sehingga data dapat tersimpan ke dalam database. Dengan kata lain, aplikasi dengan PHP ini merupakan aplikasi yang bekerja dari sisi server, sedangkan arduino (dan ethernet) bekerja pada sisi client. Untuk mendapatkan aplikasi PHP ini, Anda bisa request melalui kontak WA saya di 085720015270.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *