Cara Flash ESP8266

Home / Artikel / Cara Flash ESP8266

Cara Flash ESP8266 – ESP8266 merupakan perangkat keras berupa modul wifi yang dapat diintegrasikan dengan mikrokontroler. Ketika mikrokontroler terhubung dengan modul ini, maka memungkinkan mikrokontroler untuk berkomunikasi dengan perangkat lain melalui koneksi wifi (nirkabel). Penggunaan ESP8266 dapat diterapkan dalam 3 mode, yaitu : Station, Access Point dan Both (Keduanya).


Flash ESP8266

Pada artikel kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman saya pada saat flash ESP8266. Sebelum melakukan flash, ada baiknya kita persiapkan alat dan bahan yang akan digunakan dalam proses flash ESP8266 ini.

Yang harus Anda persiapakan antara lain :
  1. Arduino (Saya disini menggunakan Arduino Duemilanove)
  2. Software Arduino IDE
  3. Modul ESP8266
  4. Kabel FTDI untuk komunikasi Arduino ke PC
  5. Kabel untuk penghubung ESP8266 ke Arduino secukupnya
  6. Breadboard (*optional)
  7. Software ESP8266 Flasher (Klik untuk Download)
  8. Software Putty
  9. Komputer / Laptop

Keseluruhan hal di atas harus Anda penuhi agar proses flashing dapat berjalan sempurna. Jika Semua peralatan sudah siap, mari kita cba untuk mulai melakukan flashing. Proses flashing ini tidaklah rumit, namun diperlukan ketelitian. Tahap awal adalah isi arduino dengan program kosong. Program kosong yang dimaksud adalah program seperti di bawah ini :

Jika Arduino sudah di flash menggunakan program di atas, tahap selanjutnya adalah menghubungkan ESP8266 dan Arduino. Perhatikan tabel di bawah ini, pastikan Anda menghubungkan konfigurasi pin sesuai tabel di bawah ini. Jangan sampai ada yang tertukar, salah pasang pin bisa berakibat hardware Anda terbakar dan tidak dapat digunakan lagi.

Konfigurasi Pin ESP8266 :

Pin ESP8266 Dihubungkan ke :
RX RX (Digital 0)
TX TX (Digital 1)
VCC 3.3 VDC
CH_PD 3.3 VDC
GND GND
GPIO 2 GND


Proses Flash ESP8266 :

Apabila Anda sudah yakin bahwa konfigurasi pin ESP8266 sudah tepat, selanjutnya kita lakukan proses flashing. Pertama, buka program untuk flashing. Bagi pengguna Windows 7 dan setelahnya, ada baiknya Anda menjalankan program ini pada mode Administrator (klik kanan pada program flasher, klik run as Administrator). Apabila Anada berhasil menjalankan program flasher, Anda akan melihat program tampil seperti di bawah ini :
Flasher

Setelah program terbuka, klik tombol Bin dan silahkan pilih file .bin (misal : nama filenya ESP_8266_BIN0.92.bin), dan pilih COM Port dimana Arduino Anda terpasang. Sebagai contoh, Arduino yang saya pakai terpasang di COM Port 69. Perhatikan gambar di bawah ini :
Flashing

Jika Sudah, Silahkan Anda klok tombol Download, dan program flasher akan mulai melakukan flashing terhadap perangkat ESP8266. Proses flashing tidak terlalu lama, Anda dapat melepas kabel GPIO 2 apabila Anda sudah selesai flashing. Sekian pengalaman dari saya, apabila Anda mengalami kesulitan atau kendala dalam proses flashing ini, Anda dapat konsultasi via WA ke 085720015270. Terima kasih. Salam . . .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *