Mengatasi Failed to connect ESP8266

Mengatasi Failed to connect ESP8266 – Halo teman-teman, saat pada artikel kali ini saya mau berbagi pengalaman saya pada saat proses flashing ESP8266. Bagi yang belum tau apa itu ESP8266, ESP8266 adalah wifi modul, modul ini dapat bekerja pada voltase 3.3V dan cocok untuk digunakan bersama dengan Arduino.

Sebelum digunakan, saya terbiasa melakukan flashing terhadap ESP8266. Namun, adakalanya proses flashing tidaklah berjalan lancar. Salah satunya adalah ketika menemukan kendala Failed to connect ESP8266. Apakah diantara teman-teman ada yang mengalami hal serupa dengan saya?

Jika ada yang mengalami hal serupa, kalian tidak perlu bingung. Pada artikel ini saya mau menjelaskan mengenai cara Mengatasi Failed to connect ESP8266 pada saat flashing. Kendala tersebut biasanya berasal dari proses wiring / sambungan kabel yang kurang tepat atau salah. Bagi teman-teman yang mengalamai kendala tersebut barnagkali bisa cek kembali rangkaian kabel dari ESP8266 ke Arduinonya. Perhatikan gambar di bawah ini :

Laurensius Dede Suhardiman - Flashing ESP8266
Laurensius Dede Suhardiman – Flashing ESP8266

Pastikan Arduino teman-teman telah terhubung dengan benar sesuai dengan gambar rangkaian di atas ya. Jika sudah sesuai, saya pastikan proses flashing akan berjalan dengan sempurna. Bagaimana? mudah bukan Mengatasi Failed to connect ESP8266 saat flashing. Bagi kalian yang masih memiliki pertanyaan, mau diskusi ata mau berbagi proyek ( 😀 ) silakan bisa hubungi saya melalui email :

burglar.tea@gmail.com

atau melalui whatsapp di nomor

087 847 328 677

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *