Arduino Relay 220 VAC



Arduino Relay 220 VAC

Arduino Relay 220 VAC

– Halo, pada postingan kali ini saya ingin menunjukan sebuah video untuk Anda. Video ini berisi tentang Arduino Relay 220 VAC. Video ini saya postingkan sebagai jawaban atas banyaknya pertanyaan yang masuk ke email saya terkait Apakah perangkan Arduino dapat digunakan dengan relay untuk mengendalikan 220 VAC? dan untuk jawabannya bisa dilihat di Arduino Relay 220 VAC




Dalam video diatas saya menggunakan modul yang terdiri dari 2 buah relay. Dari video singkat diatas, dapat dilihat bahwa arduino dapat digunakan untuk mengendalikan switch / relay yang terhubung dengan 220 VAC. Percobaan tersebut saya menggunakan Arduino Duemilanove, Relay Modul, Paralax Ping (Sensor Ultrasonic), dan lampu pijar. Adapun cara kerja dari peralatan tersebut adalah sebagai berikut :

  • Perangkat sensor ultrasonic membaca jarak (pergerakan benda) yang ada di depannya.
  • Microcontroller (Arduino) menerima nilai hasil pembacaan sensor ultrasonic.
  • Dilakukan pengecekan kondisi, apakah nilai hasil pembacaan memenuhi syarat untuk menyalakan atau mematikan relay (*yang terhubung ke lampu pijar)

Mengenai Source code Arduino Relay 220 VAC silahkan hubungi saya. Terima kasih.


Post Author: Laurensius Dede Suhardiman

Saya hanyalah orang bisa yang dilahirkan di sekitar kaki Gunung Ciremai, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan. Tertarik dengan dunia IT pada saat duduk di bangku SMP. Telah lulus dari dari salah satu universitas ternama di Kota Bandung. Sempat bekerja sebagai freelancer bidang IT dan kini bekerja pada sebuah perusahaan perbankan. "Ngulik" / "ngoprek" tetap menjadi kegemaran saya sejak dulu :)